Cara Mudah Membentuk Otot Kaki

Kaki adalah sebuah jangkar tubuh yang bisa membuat kalian berlari, berjalan, melompat, serta menyeimbangkan tubuh.

Kaki juga menopang sebagian besar bobot badan. Itulah kenapa, kalian perlu menjaga kekuatannya dengan melakukan latihan otot kaki secara rutin.

Selain menguatkan kaki, rutin olahraga dengan cara yang benar dan baik juga bisa membantu mengurangi risiko kalian mengalami cedera atau gangguan sendi lain di kaki, terutama seiring usia yang bertambah.

Olahraga untuk menguatkan otot kaki juga tak harus di lakukan pada pusat kebugaran. Ada beberapa gerakan sederhana yang bisa kalian lakukan di rumah dengan perlengkapan yang sedikit, apa saja? yuk simak.

1.Jalan Kaki

Gerakan yang satu ini bisa di bilang sebagai gerakan yang paling sederhana untuk melatih otot kaki. Kalian bisa melakukannya sendiri di rumah memakai treadmill maupun tanpa alat di area sekitar rumah.

Kalau di lakukan dengan rutin, maka jalan kaki akan membantu membentuk otot kaki sekaligus menyehatkan jantung.

2.Gerakan Squat

Gerakan squat adalah salah satu latihan yang paling efektif untuk membentuk serta menguatkan otot kaki. Kalau bisa di lakukan dengan benar, maka gerakan ini juga akan membantu membentuk otot perut, otot pantat, dan otot panggul.

Caranya adalah dengan membuka kaki sedikit lebih lebar dari bahu, berdiri dengan posisi punggung tegak lalu turunkan badan hingga kaki menekuk layaknya duduk tanpa kursi.

Pandangan lurus ke depan, punggung tetap tegak dan jangan maju ke depan. Tahan posisi ini selama beberapa detik sambil memusatkan tekanan di area bokong, pinggul, paha, dan lutut.

3.Bridge

Gerakan bridge sangat bagus untuk melatih otot kaki bagian hamstring dan otot pantat. Kalian bisa tidur dalam posisi terlentang di atas permukaan rata, seperti di atas karpet rumah atau alas yoga.

Letakkan tangan di samping badan dengan lurus, tekuk lutut, angkat badan dengan posisi tangan masih menempal di atas karpet dan tahan posisi ini selama 30 detik.

4.Calf Raise

Calf Raise merupakan sebuah gerakan untuk melatih kekuatan otot betis serta bisa di lakukan sambil berdiri maupun duduk.

Calf raise sendiri sebenarnya sama seperti gerakan jinjit. Kalian bisa berdiri tegak dan buka kaki selebar bahu lalu jinjit perlahan dengan posisi kaki masih tegak.

5.Gerakan Lunges

Gerakan lunges bukan Cuma akan melatih otot kaki bagian paha namun juga perut dan bokong. Karena di gerakan ini kedua kaki sama – sama bekerja, maka lunges di anggap sebagai latihan otot kaki yang efektif.

Cara melakukannya adalah berdiri tegak di permukaan yang rata, langkahkan satu kaki ke depan, lalu tekuk kedua kaki hingga membentuk sudut kurang lebih 90 derajat secara bersamaan.

Perhatikan posisi lutut kaki belakang supaya tetap lurus saat di tekuk serta posisi lutut depan tidak bergerak melebihi ujung kaki.

Itulah berbagai macam gerakan melatih otot kaki yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer